Senin, 10 Desember 2012

Pantai Klayar (Pacitan)


Pantai Klayar
Pesona estetika dan nilai ilmiah sebuah pantai kars


Panti Klayar yang berjenis landai dan berpasir putih merupakan bongkah turun yang diapit oleh gawir disebelah barat dan timurnya. Ketika air laut surut, tersigkap endapan-gisik yang terkekarkan. Untuk mencapai lokasi pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua selama ±30 menit ke arah selatan dari Kecamatan Punung. Pantai Klayar berada sejalur dengan obyek wisata lain seperti Goa Gong dan Pantai Srau. Secara umum aksesibilitas untuk sampai di lokasi pantai sangat mudah karena sudah tersedia rambu-rambu penunjuk arah, jalan menuju obyek juga sudah beraspal bagus tetapi semakin mendekati obyek jalannya semakin menyempit, jadi perlu kewaspadaan lebih.


Klayar Beach



Pada obyek wisata ini sudah tersedia sarana prasarana yang lumayan lengkap mulai dari kamar mandi, mushola, warung makan, lahan parkir, sarana air bersih serta listrik. Daya tarik Pantai Klayar antara lain :
  1. Pemandangan pantainya yang sangat indah 
  2. Hamparan pasir putih yang luas 
  3. Menara-menara batu yang lepas dari batuan induknya akibat dari sesar  
  4. Fenomena alam mirip gelser pendududuk setempat menamakannya “Seruling Samudera” karena semburan air diikuti suara melengking yang mirip suara seruling
  5. Serta wisatawan bisa melihat binatang laut seperti bintang laut, landak laut, ikan, kepiting, pongpongan dll yang bisa dilihat ketika air laut surut.




    Sepenggal kisah pengalaman kami di Pantai Klayar.

    Niatnya mau menghadiri resepsi pernikahan temen ni, tapi malah berwisata ria.. Salah sendiri rumahnya deket dengan pantai. hehehe..

    Setelah perjalanan dari Solo-Pacitan selama kurang lebih 3 Jam (Plus Isterahat) akhirnya nyampe juga di rumah mas Didit, tujuannya hanya untuk minta sarapan. :-D

    Tepat jam 11.00 WIB kami berangkat tapi bingung karena ada dua pilihan, ke nikahan temen atao ke pantai dulu, tapi keputusan sudah bulat "GO TO BEACH" dulu (dasar temen gak tau diri) hehe..

    Jalan menuju ke pantai sbenarnya melewati pas depan rumah resepsi tapi.. ehmm lanjuuuuuut GO TO BEACH.. hehehee..

    Tapiiii sebagai temen yang baik, tetep endingnya kita semua datang ke tujuan utama yaitu menghadiri resepsi nikah temen..

    Kalo ke Pantai Klayar, ini ane kasih SPOT terbaik.. "Semburan Naga" hehehe...

    Semburan Naga alias Sruling Samudera

    Ini dia personilnya....




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar