Senin, 03 Desember 2012

Karakteristik Atlas


Pengeritan Atlas 
Atlas adalah nama dewa orang Yunani. Dewa ini memegang bumi diatas pundaknya. Selanjutnya nama atlas digunakan untuk memberi nama kumpulan peta-peta yang dirancang untuk disimpan dalam bentuk jilid (buku) atau dalam keadaan lepas-lepas, tetapi dikumpulkan menjadi satu, sehingga mudah dibawa dan digunakan bagi para pemakainya. Adapun syarat-syarat atlas yang

baik adalah sebagai berikut.
  1. Isinya lengkap memuat data-data fisis, sosial, dan ekonomis.
  2. Gambar dan petanya jelas, di buat dengan tata warna yang benar dan baik.
  3. Bersifat informatif dan mudah dipahami.
  4. Gambar dan petanya disajikan sistematis.
Komponen Atlas
  1.  Judul Atlas. Judul ini sebaiknya ditulis dengan besar, tegak dan mudah dilihat. Akan lebih baik jika diberi gambar yang artistik tetapi tidak menyulitkan pembaca untuk melihat dengan mudah. Contoh ATLAS INDONESIA dan ATLAS DUNIA
  2. Daftar Isi. Daftar isi memuat isi dari atlas tersebut. Sebaiknya dibuat secara berurutan berdasarkan lembar halaman dari tampilan halaman pertama sampai dengan halaman terakhir agar memudahkan untuk membacanya. 
  3. Kata pengantar. Kata pengantar diletakan pada bagian awal halaman dalam atlas. Kata pengantar ini memuat pengantar dari pembuat peta untuk menyampaikan maksud dan tujuan, ucapan terima kasih, revisi, dan hal-hal lain terkait dengan keterangan penerbitan atlas. 
  4. Daftar singkatan penting dan legenda. Daftar ini sebaiknya diletakan pada halaman pembuka sehingga pembaca akan langsung mengetahui keterangan singkatan dan simbol yang disajikan pada peta di dalamnya. Daftar singkatan dan legenda tidak harus dicantumkan pada setiap peta. dari tiap halaman. Namun demikian untuk peta-peta tertentu yang khusus, legenda dan keterangan bisa ditambahkan tersendiri menyertai peta bersangkutan. Contohnya, peta persebaran flora dan fauna, peta cuaca dan iklim. dan sebagainya. 
  5. Isi atlas. Isi atlas memuat peta-peta yang sesuai dengan judul. Peta-peta tersebut dibuat sesuai dengan komponen pembuatan peta. Contoh isi atlas nasional di antaranya data informasi kependudukan, sumberdaya alam, perhubungan, perindustrian, pariwisata, meteorologi, gambar tata surya, gambar bangunan penting. 
  6. Indeks. Indeks menunjukkan daftar kata-kata dalam atlas yang disertai halaman yang memuat daftar nama tersebut. Contohnya, Yogyakarta........ 2, 7, 25, 27. Artinya, kata Yogyakarta dapat ditemukan pada halaman 2, 7, 25, 27.
Jenis-Jenis Atlas
  1. Berdasarkan jenisnya, atlas dibagi menjadi tiga, yaitu.
a)     Atlas umum
Merupakan atlas yang memberikan informasi secara umum tentang kenampakan geografi di permukaan bumi.
Jenis atlas umum antara lain.
1)     Atlas nasional, yaitu atlas yang berisi satu negara lengkap dengan kenampakan fisik dan sosialnya.
2)     Atlas regional, yaitu atlas yang memuat tentang negara-negara yang berada dalam sayu kawasan. Atlas ini menyajikan negara-negara yang saling berdekatan, serta secara historis atau sosisl ekonomi memiliki beberapa kesamaan. Contohnya Atlas Eropa, Atlas Asia, Atlas Amerika.
3)     Atlas dunia, yaitu atlas yang memuat negara-negara di seluruh dunia secara lengkap dari semua benua. Contohnya Atlas Dunia.
b)    Atlas khusus
Merupakan atlas yang hanya memuat satu jenis informasi saja yang sesuai dengan judulnya. Contoh atlas khusus ini antara lain.
1)     Atlas penduduk, yaitu atlas yang memaparkan persebaran penduduk.
2)     Atlas geologi, yaitu atlas yang memaparkan keadaan geologi dan batuan.
c)     Atlas semesta
Merupakan atlas yang memaparkan keadaan semesta alam yang antara lain berhubungan dengan galaksi, tata surya, perbintangan, dan peredaran benda-benda angkasa.
     2.    Berdasarkan wilayahnya, atlas dibagi menjadi:
a)     Atlas alam semesta
Merupakan atlas yang menyajikan gambaran letak dan gerakan planet. Misalnya, gambaran peredaran bumi mengelilingi matahari, posisi bulan, gerhana bulan, dan sebagainya.
b)    Atlas dunia
Merupakan atlas yang menyajikan gambaran informasi fisik dan hasil-hasilnya dari berbagai negara. Atlas ini juga memberikan gambaran kemajuan pembangunan di suatu negara.
c)     Atlas nasional
Merupakan atlas yang menampilkan keterpaduan kondisi geografi fisik dan hasil-hasilnya yang mencirikan suatu negara.
d)    Atlas regional
Merupakan atlas yang menyajikan gambaran mengenai aspek geografi dari suatu provinsi.
e)     Atlas kota
Merupakan atlas yang menyajikan informasi tentang kondisi geografis suatu kota.

     3.    Berdasarkan tujuannya, atlas dibagi menjadi:
a)     Atlas reverensi
Merupakan atlas yang dibuat untuk kepentingan referensi. Atlas ini didesain untuk membantu pengguna untuk menentukan kenampakan-kenampakan geografis atau untuk kepentingan politik (batas negara) dan juga untuk kepentingan perjalanan serta untuk perencanaan wilayah.
b)    Atlas wisata
Merupakan atlas yang menunjukkan tempat dan jenis wisata yang ada dalam suatu negara.
c)     Atlas pendidikan
Merupakan atlas yang didesain untuk keperluan pendidikan. Atlas ini menyajikan informasi tentang persebaran fenomena geografi fisik, seperti relief, iklim, flora, fauna, dan juga memberikan informasi tentang hasil bumi, kepadatan penduduk, persebaran daerah industri, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar