Senin, 03 Desember 2012

Karakteristik Globe


Pengertian Globe 

Kata globe berasal dari bahasa Latin globus yang artinya bola atau bulatan. Globe pertama yang mencoba mencitrakan seluruh dunia dibuat oleh Martin Behaim di Nurnberg, Jerman, pada 1492. Globe inilah yang memengaruhi Christopher Columbus (1459–1507), seorang penjelajah Spanyol untuk berlayar ke barat menuju dunia timur. Pada abad ke-16 dan ke-17 gambaran globe semakin akurat dan lengkap dengan ditemukannya dunia-dunia baru. Globe adalah tiruan bola bumi yang diperkecil sehingga memberikan gambaran tentang bentuk bumi sehingga mendekati bentuk yang sebenarnya. Benarkah bumi itu bulat? Bentuk bumi yang bulat menyerupai bola dan pepat pada kedua kutubnya, dapat dibuktikan dengan hasil pemotretan bola bumi dari ruang angkasa.
Kemiringan letak globe menggambarkan keadaan bumi seperti bentuk aslinya yaitu kemiringan bumi terhadap lintasannya pada saat beredar mengelilingi matahari pada bidang ekliptika. Kemiringan sumbu bumi membentuk sudut sebesar 66terhadap bidang datar. Bidang datar ekliptika dan bidang datar ekuator membentuk sudut sebesar 230. Globe dapat menunjukkan kenampakan permukaan bumi dengan baik. Biasannya globe digunakan untuk merencanakan rute pelayaran atan penerbangan. Dalam dunia peluncuran satelit, globe juga digunakan. Hanya saja, globe tidak mungkin dapat menggambarkan secara detail wilayah-wilayah yang kecil. 

Fungsi Globe 

Fungsi dan manfaat globe sangat beragam, tergantung pada penggunaannya. 
1.     Menjelaskan kedudukan bumi dalam hubungannya dengan matahari.
2.     Menjelaskan letak garis lintang, garis bujur, garis ekuator, kutub utara, kutub selatan, bujur 180dan benua pada globe.
3.     Menggambarkan dan memproyeksikan daerah bumi yang mengalami gerhana bulan dan gerhana matahari.
4.     Membandingkan perbedaan daerah waktu di bumi dengan pertolongan garis bujur.
5.     Membandingkan perbedaan daerah iklim di bumi dengan pertolongan garis lintang.
6.     Membandingkan luas daratan dengan luas lautan di permukaan bumi.
7.     Menentukan jenis proyeksi untuk pemetaan tempat tertentu.

Selain itu globe juga dapat digunakan sebagai media peraga untuk memberikan gambaran mengenai akibat rotasi bumi, antara lain.  
1.     Terbit dan tenggelamnya matahari. 
2.     Adanya siang dan malam.
3.     Adanya pergantian musim.
4.     Adanya perbedaan waktu setempat.
5.     Adanya pembelokan arah angin (angin pasat timur laut dan angin pasat tenggara).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar